Senin, 21 Januari 2013

CARA MUDAH MENGATASI MINDER ATAU MALU

CARA MUDAH MENGATASI MINDER ATAU MALU

CARA MENGATASI PERASAAN MINDER

Buat para sahabat yang budiman, kali ini saya ingin berbagi tentang CARA MUDAH MENGATASI MINDER ATAU MALU. Hal ini saya tulis bukan berarti saya ini orang yang tidak minder, justru karena perasaan minder adalah perasaan yang alami dan terjadi pada semua orang maka saya beranikan diri untuk menulis artikel ini dan semoga berguna buat diri sendiri dan sobat semua.

Minder adalah rasa kurang percaya diri yang timbul secara alami pada diri manusia baik anak-anak, dewasa ataupun yang sudah lanjut usia. Perasaan Minder timbul karena rasa malu atau tertekan karena situasi tertentu yang merasa lebih rendah dari pada orang lain. Penyebab minder banyak sekali contoh : merasa kurang mampu, merasa kurang pandai, merasa kurang ganteng, merasa kurang duit dan masih banyak lagi yang jelas pasti diawali perasaan merasa kurang bla..bla..bla... 

Ya... penyebab perasaan minder perlu sekali di deteksi karena dari situlah masalah ini timbul. Namun sobat gak usah khawatir karena ada beberapa tips untuk mengurangi PERASAAN MINDER. Berikut tips cara mudah mengatasi perasaan minder sbb :

A. Selalu Bersyukur. 
Bila kita selalu mensyukuri keadaan kita maka perasaan minder akan berkurang bahkan hilang, dengan melihat kondisi disekeliling kita dan melihat kebawah akan terbuka mata hati kita bahwa kita masih lebih baik dibandingkan dengan orang lain. Hindari selalu melihat keatas karena akan membuat kita down dan menimbulkan demotivasi atau rasa kurang percaya diri tetapi sekali-kali melihat keatas boleh saja untuk menimbulkan motivasi yang positif.

B. Percaya dengan diri sendiri 
Perasaan percaya akan kemampuan diri sendiri adalah cara paling ampuh untuk mengatasi minder. Jadi kita harus yakin dengan kemampuan diri sendiri, tanpa keyakinan pastilah perasaan percaya diri tidak akan timbul dan akan menyebabkan perasaan minder pelan-pelan muncul.

C. Berpikir positif
Selalu berpikir positif bahwa kita mampu akan menimbulkan aura positif pada diri kita dan membangkitkan rasa percaya diri yang luar biasa. Kita harus yakin Tuhan menciptakan mahluknya pasti ada kelebihan dan juga kekurangan, naah kelebihan yang ada pada diri kita adalah potensi kuat untuk meningkatkan rasa percaya diri. Untuk itu kita juga harus tahu kelebihan dan kekurangan kita agar kita bisa memaksimalkan kelebihan diri kita untuk menutupi kekurangannya.

D. Pujilah diri sendiri

Hal yang jarang sekali dilakukan kebanyakan orang adalah memuji diri sendiri, karena kebanyakan orang lebih suka memuji dan memuja orang lain sampai lupa jika dirinya juga butuh pujian karena pujian adalah dorongan kuat untuk kita berbuat lebih baik lagi. Memuji diri sendiri tentu saja tidak ada salahnya asal jangan berlebihan karena jika berlebihan juga tidak bagus bahkan bisa runyam saking PDnya... untuk itu memuji diri sendiri yang wajar-wajar saja seperti " waaah ternyata saya bisa juga menyelesaikan pekerjaan ini...sungguh Luar biasa  !"

E. Bergaul dengan lingkungan positif dan optimis

Jika kita sering berkumpul dengan lingkungan yang negatif maka aura negatif tersebut dapat menyerang pada diri kita, dengan sering mendengar keluhan dan perasaan pesimis dari lingkungan tersebut maka kita lama-kelamaan akan menjadi lemah dan ujung-ujungnya jadi minder, sebaliknya jika kita selalu berada disekitar lingkungan yang positif dan optimis maka aura positif tersebut akan membawa perasaan kita ikut terbawa menjadi perasaan optimis. Jangan lupa pengaruh lingkungan sangat dominan karena kita mahkluk sosial. Jadi bergaul dengan lingkungan yang positif dan optimis cara mudah untuk mengatasi minder.

F. Kerjakan sesuatu karena kita suka 

Mengerjakan sesuatu karena memang pekerjaan tersebut kita sukai akan membawa perasaan positif dan menyenangkan dan hasilnya akan sangat baik. sementara jika kita mengerjakan pekerjaan yang sebenarnya kita tidak sukai pasti akan membawa perasaan malas dan tidak semangat yang juga pada akhirnya akan menimbulkan rasa tidak mampu untuk mengerjakan pekerjaan tersebut alias minder.

G. Rajin Berolah raga

Rajin berolah raga juga merupakan cara mudah untuk mengatasi rasa minder, karena dengan rajin berolah raga kita akan terlihat lebih segar, kuat dan sehat yang jelas lebih terlihat menarik dan hal ini akan meningkatkan rasa percaya diri yang kuat.

H. Sayangi diri sendiri 

Seringkali kita lupa karena kesibukan dan rutinitas untuk memperhatikan diri sendiri, sekali kali kita harus sayangi diri kita sendiri dengan cara beristirahat yang cukup, berlibur ketempat wisata, ketempat hobi kita seperti memancing, menonton bioskop atau mencari kuliner kesukaan kita. Dengan sesekali memanjakan diri sendiri akan berdampak meningkatkan rasa percaya diri yang kuat.

Oke mungkin sedikit tips tentang cara mudah mengatasi minder ini dapat bermanfaat.

salam hangat selalu,

cara mudah mengatasi rasa minder atau malu , hartatowirdani

0 komentar:

 

CARA MUDAH | BELAJAR MENULIS BLOG | BELAJAR BIKIN BLOG | BELAJAR BISNIS ONLINE Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates