Kamis, 02 Januari 2014

CARA MENDAFTAR JKN | BPJS KESEHATAN

CARA MENDAFTAR JKN ATAU BPJS KESEHATAN UNTUK PESERTA UMUM ( BUKAN YANG SUDAH MEMILIKI KARTU ASKES ) 



Sahabat yang saya hormati,
Postingan saya kali ini ingin berbagi bagaimana caranya mendaftar Jaminan kesehatan nasional atau JKN yang sudah dibuka pertanggal 02 Januari 2014 kemarin. Postingan kali ini berdasarkan pengalaman pribadi mengurus Kartu  Kesehatan JKN yang telah saya lakukan. Mungkin masih banyak kekurangan tapi harapan saya semoga dapat bermanfaat.

Sebelum langsung ke teknis cara mendaftar JKN atau BPJS Kesehatan perlu saya sampaikan bahwa program pemerintah yang satu ini sangat penting bagi masyarakat luas terutama yang belum memiliki proteksi berupa asuransi kesehatan, karena biaya kesehatan seperti yang kita ketahui sangat mahal dan sangat dibutuhkan ketika kita mengalami sakit. Jadi bagi yang belum mendaftar buruan mendaftar dan memiliki proteksi kesehatan.
Oke langsung saja ke pokok masalah !!

A.Dokumen yang perlu dipersiapkan sebelum mendaftar ke BPJS Kesehatan sebagai berikut :

1. PHOTO COPY KTP 1 LEMBAR
2. PHOTO COPY KARTU KELUARGA 1 LEMBAR
3. PHOTO COPY SURAT NIKAH ( BAGI YANG SUDAH NIKAH )
4. PHOTO COPY AKTE KELAHIRAN ( BAGI YANG BELUM PUNYA KTP / ANAK2 )
5. PHOTO 3X4 BERWARNA MASING2 1 LEMBAR

B. Cara Mendaftar JKN , Setelah dokumen lengkap Langsung Meluncur ke kantor PT.ASKES terdekat Sekarang BPJS ( sesuai daerah KTP anda) jika belum mengetahui alamat kantor PT Askes didaerah anda silahkan cari di Google search dengan kata kunci "alamat kantor PT Askes daerah........" titik-titik diisi daerah anda misalnya bekasi ( alamat kantor PT Askes daerah bekasi )
Naaah setelah tahu alamat PT Askes dari google search segera meluncur kesana untuk mengambil Form Pendaftaran. Setelah mendapat Form Pendaftaran segera isi data - data anda di form tersebut sesuai data anda .Penting dan tidak boleh ketinggalan isi No. NIK KK dan No.NIK KTP peserta. Jangan sampai salah penulisan No NIK dan NAMA di form tersebut harus sesuai dengan KK dan KTP anda agar tidak ada masalah dikemudian hari saat anda mengurus biaya kesehatan di klinik atau Rumah sakit.
Lalu tulis jumlah uang setoran anda sesuai kemampuan ada 3 pilihan yang pertama kelas III sebesar RP. 25.500 / orang , kelas II RP.42.500/orang , Kelas I RP.59.500/orang ( pilih salah satu sesuai dengan kemampuan anda ) besarnya setoran tersebut sangat penting karena setiap bulan anda wajib menyetor dana tersebut. Isi Fasilitas Kesehatan tingkat Pertama yang terdekat dengan alamat tinggal anda ( minta data ke petugas , biasanya puskesmas atau klinik yang bekerja sama dengan PT Askes ). Isi Form Pendaftaran selengkap-lengkapnya bila bingung tanya ke petugas yang selalu siap membantu anda.

C. Cara Mendaftar JKN berikutnya ambil Nomor antrean dan tunggu giliran anda dipanggil petugas. setelah di panggil petugas serahkan berkas form pendaftaran milik anda ( jangan lupa bawa KTP asli biasanya ditanyakan ) . Petugas akan menginput data anda di komputer dan anda menunggu sebentar. Setelah penginputan selesai anda akan diberikan oleh petugas selembar kertas virtual account yang isinya Nama anda dan rekening bank tempat anda menyetor dana. Biasanya Bank sesuai yang ditunjuk oleh petugas seperti BRI, BNI atau Bank Mandiri.

D. Cara Mendaftar JKN selanjutnya setelah anda mendapat data virtial account segera anda  meluncur ke bank yang ditunjuk dan setorkan dana sesuai Virtual account anda jika masih bingung sebaiknya tanya langsung kepada petugas bank . Yang harus diperhatikan setoran ke bank harus per slip per orang tidak boleh digabung satu keluarga karena masing-masing nama memiliki No rekening yang berbeda.

E. Cara mendaftar JKN selanjutnya setelah menyetorkan dana sesuai data virtual account anda, segera kembali ke kantor PT Askes dan serahkan bukti pembayaran anda. Petugas akan memeriksa bukti setoran anda dan meminta KTP Asli lalu diproses dan Kartu BPJS Kesehatan anda dicetak dan diberikan kepada anda berikut KTP asli yang tadi di pinjam petugas untuk crosscek data di komputer.

Oke sudah selesai.......Kartu JKN anda sudah jadi dan jangan lupa bayar iuran setiap bulan sesuai dengan jumlah pilihan ANDA. Dengan Memiliki kartu JKN otomatis kesehatan anda sudah terproteksi dan anda sekeluarga bisa tenang tidak was-was lagi bila mengalami jatuh sakit.

INGAT KESEHATAN ADALAH HARTA PALING BERHARGA. SEGERA DAFTARKAN DIRI ANDA KE KANTOR PT.ASKES TERDEKAT..!! JANGAN DITUNDA LAGI...

Postingan saya ini bukan merupakan postingan resmi dari BPJS KESEHATAN dan saya bukan petugas BPJS Kesehatan jadi mungkin ada yang kurang lengkap informasi ini, segala perbedaan teknis dilapangan saya tidak bertanggung jawab jadi pastikan informasi yang akurat dari petugas BPJS Kesehatan ditempat anda. Saya hanya berniat berbagi informasi saja agar memudahkan temen-temen untuk mengurus Pendaftaran Jaminan Kesehatan Nasioanl atau JKN. Dan jika ada sahabat yang ingin melengkapi informasi ini silahkan ditambahkan di post komentar. SEMOGA postingan tentang cara mendaftar JKN ini BERMANFAAT. Terimakasih.

salam hangat
Hartatowirdani.

* Ucapan terimakasih kepada petugas BPJS Kesehatan di kota Bekasi yang telah membantu dan melayani warga dengan baik saat saya mengurus pendaftaran kepersertaan JKN semoga pelayanan yang baik ini juga terjadi dikota - kota lain di INDONESIA.

87 komentar:

Anonim mengatakan...

slmt mlm pak.mau tanya, untuk pengisian formulirnya.. rencananya saya akan mendaftar untuk saya(suami),istri,dan 1 org anak. utk formulirnya apakah cukup diisi satu formulir saja? atau harus 3 formulir? mhn pencerahannya. trims (jefry)

Anonim mengatakan...

malam bp. Jefry...untuk satu keluarga satu KK cukup satu formulir pak bisa bapak ambil formulirnya di kantor askes. Trms salam kenal (hartatowirdani)

cintamela.com mengatakan...

pak, bpjs ini hanya bisa disftarkan secara pribadi atau bisa melalui perusahaan?

Cara menurunkan berat badan dengan jus jeruk nipis mengatakan...

mumpung ada asuransi bersubsidi kenapa nggak di manfaatkan.. ayuuu daftar segera

Jam Tangan mengatakan...

Wah keren gan artikelnya. klo jam tangan murah dan keren silahkan kunjungi www.edydava.net

Anonim mengatakan...

wwww.cintamela.com maaf saya baru balas untuk JKN bisa pribadi atau perusahaan nanti bapak akan di beri virtual akun yaitu rek pribadi untuk bayar iuran bulanan BRI,BNI,Mandiri jadi daftar dulu ke kantor askes tinggal pilih untuk perusahaan atau pribadi,jangan lupa photo copy ktp dan KK + surat nikah jika sudah nikah trms.
(salam hartatowirdani)

hartatowirdani mengatakan...

sahabat2ku yang sudah komentar di sini terimakasih banyak salam kenal hartatowirdani.

sarah mengatakan...

Siang pak,,saya mau tanya semisal ktp bekasi tapi pendaftaran di jakarta apakah bisa?
karena saya tinggal dijakarta sekarang

akhiblog mengatakan...

untuk cara mendaftarkan melalui perusahaan prosedurnya gimana pak?

tubuh langsing alami
obat mata minus
meluruskan rambut

blogis mengatakan...

perlu KK untuk medaftarnya gak pak

tbc mengatakan...

oia pak jpk sama bpjs sama apa beda ya?

Anonim mengatakan...

Untuk pendaftaran KK dan ktp harus dibawa pak.

Anonim mengatakan...

buat mbak sarah Untuk masalah pendaftaran sesuai daerah ktp tapi sebaiknya telp dulu ke kantor PT askes setempat apakah bisa daftar d jakarta dengan ktp daerah agar mendapat informasi yang lebih lengkap terima kasih.

Anonim mengatakan...

akhiblog pendaftaran melalui perusahaan mungkin tidak beda dengan yang lama seperti jamsostek. jadi petugas dari perusahaan yang datang ke kantor askes mendaftarkan karyawannya. trims

obat herbal paru-paru basah mengatakan...

informasi yang bermanfaat

aryanita mengatakan...

sekarang cara diatas prosedurnya sudah berubah atau belum pak?

obat herbal vertigo akut mengatakan...

infonya sanagt membantu
obat herbal vertigo akut
obat herbal alzheimer paling ampuh
obat herbal pasca stroke berat
obat herbal epilepsi akut

Vegan vigi mengatakan...

rahasia kecerdasaan orang yahudi

rahasia kesehatan anak

anak anak

penyebab mengompol pada anak

tips menjaga anak tetap sehat

Ir. Mhan-Z mengatakan...

hello sister or brother, good upter noon, yo blog amazing i ile it is the nice nice, plis visiting back, it is my blogs cara menyembuhkan sinusitis and my blog ramuan untuk pelangsing and khasiat buah pisang stabilkan asam lambung?

mobil murah mengatakan...

bpjs memang sangat berguna

pengobatan asam urat mengatakan...

sungguh sangat luar biasa >> http://pengobatanasamurat.135street.com/

Manfaat Buah mengatakan...

pak, bpjs ini hanya bisa disftarkan secara pribadi atau bisa melalui perusahaan?

Unknown mengatakan...

Kisah Penyakit Epilepsi Berbahaya
Alergi Makanan Bisa Menyebabkan Asma
Penyebab , Gejala dan Pencegahan Penyakit Mata Tiroid
Obat Fimosis Yang Aman

Unknown mengatakan...

Obat Luka Agar Tidak Berbekas
Obat Gatal Di Lubang Anus Dan Sekitarnya
Gantikan Cuci Darah Dengan QnC Jelly Gamat

Unknown mengatakan...

Bismillah
Dampak Merokok Menyebabkan Nyeri Lambung
Penyakit Refluk Empedu Berbahaya
Cara atasi Nyeri Punggung Akibat Pencernaan Lambung

Unknown mengatakan...

Pernah marak di sekian banyak milis lokal menyatakan bahwa bukti buah sirsak yg mempunyai khasiat anti-kanker tengah ditutup-tutupin oleh perusahaan farmasi skala dunia dgn motif profit. Bunuh Sel Kanker Dengan Konsumsi Rebusan Daun Sirsak
lifestyle penduduk di zaman mutakhir yg makin sibuk menciptakan kesehatan badan jadi aspek yg tidak jarang diabaikan. Padahal, tidak dengan badan yg sehat kegiatan sehari-hari bakal sukar utk dikerjakan. Khasiat Sarang Semut Papua Untuk Menyembuhkan Kanker
Kalau Kamu telah dikatakan positif mengidap kanker payudara, rata rata pengobatan yg bakal dilakukan oleh dokter meliputi operasi, kemoterapi atau radiasi. Mengobati Kanker Payudara Dengan Jus Kulit Buah Manggis
Wawasan menyangkut asupan makanan apa yg masuk ke dalam badan Kamu tentu jadi salah satu perihal yg amat mutlak, terutama bagi Kamu yg sekarang ini menderita penyakit seperti kanker darah. Makanan Sehat Untuk Penderita Kanker Darah Leukimia
lifestyle tak sehat perihal risiko masih nomer satu terjadinya kanker kolorektal (usus agung) di Indonesia. Utk itu, tiap-tiap orang meminta memperhatikan tiap-tiap makanan & minuman yg dimakan dalam kehidupan sehari-hari. Makanan Yang Meningkatkan Risiko Kanker Usus Besar

Unknown mengatakan...

Cara Memperbaiki Ketidak Seimbangan Sel Otak
Efek Samping Operasi Bariatrik

Unknown mengatakan...

Manfaat Makanan Untuk Infeksi Lambung Pada Ibu Hamil

Unknown mengatakan...

Pengertian Gagal Ginjal Akut
Pengertian Penyakit Ginjal Diabetik
Depresi Bertepatan Dengan Ginjal Kronis
Batas Protein Dan Kalsium Bagi Penyakit Ginjal Kronis
Faktor Penyebab Gagal Ginjal

Unknown mengatakan...

Thanks Artikelnya sangat bermanfaat
Obat Herbal Penyakit Ginjal Kronis Terbaik

OBAT HIPERTENSI mengatakan...

Penyakit Hipertensi Bisa Menyerang Bayi Baru Lahir

Penyakit Hipertensi Bisa Menyerang Bayi Baru Lahir, penyakit yang satu ini merupakan penyakit yang sering dianggap remeh oleh sebagian besar orang padahal memiliki resiko yang berbahaya

Unknown mengatakan...

Obat Penyakit Gagal Ginjal

Unknown mengatakan...

Manfaat Ginseng Untuk Meningkatkan Kesuburan Pria
Akibat Terlalu Sering Pakai Headset Bisa Sebabkan Tuli

Obat Ayan Terbaik Untuk Anak dan Dewasa mengatakan...

Obat Ayan Terbaik Untuk Anak dan Dewasa
Menstruasi Berlebih Tingkatkan Hipertensi

JinBasster mengatakan...

very nice what you say. said, polished and elegant very, very good. To view website you is very nice, definitely take the time to make a success like this.
penyebab kifosis
penyebab sakit pinggang sebelah kiri bagian belakang
obat batuk dan pilek karena alergi
obat batuk dan pilek tradisional
obat sesak nafas tradisional

Iklan Elektronik mengatakan...

Informasinya sangat bermanfaat untuk saya, terima kasih banyak.

viky mengatakan...

Makanan Teratur Bagi Penyakit Bariatrik
Manfaat Buah Anggur Untuk Kanker Ovarium
Amerika Menjelaskan Tentang Pertanian
Penjelaskan Biaya Perawatan Kesehatan
9 Manfaat Makanan Untuk Kesehatan Jantung

Unknown mengatakan...

Pantangan Makanan Penderita Kista Ovarium

Anonim mengatakan...

apakah pendaftaran bbjs kesehatan bisa secara online pak terimaasih............

Unknown mengatakan...

apakah pendaftaran bbjs kesehatan bisa secara online pak terimaasih............

Unknown mengatakan...

Manfaat Adas Untuk Obat Herbal Batu Empedu

gejala kanker ovarium mengatakan...

I get so much lately it’s driving me insane soo any suppor is very much appreciated.
obat untuk sakit bab
air rebusan sukun untuk penyakit liver
biaya operasi tbc tulang belakang
tanda-tanda ginjal bermasalah
pengobatan hepatitis

Unknown mengatakan...

Menu Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi
Cara Cepat Menurunkan Kolesterol Tinggi
Diet Rendah Lemak Bagi Penderita Kolesterol tinggi

Unknown mengatakan...

Informasi yang sangat menarik. Disini saya ingin berbagi mengenai masalah kesehatan. Ada banyak sekali buah-buahan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, seperti Buah-Buahan Yang Baik Untuk Melancarkan BAB, mungkin buah yang kita tahu untuk melancarkan BAB itu adalah pepaya, tapi apakah Anda tahu Kandungan Nutrisi Dalam Pepaya Yang Baik Untuk BAB itu apa saja ?, selain daripada tahu manfaatnya, Anda juga harus tahu kandungan nutrisi didalam nya. Sejauh manakah Anda tahu Manfaat Buah Pepaya Untuk Melancarkan BAB? Anda harus mengetahuinya karena itu untuk bekal kesehatan Anda.

Obat Batuk Anak Herbal mengatakan...

it a wonderfull life

Unknown mengatakan...

Efek Kurang Minum Air Putih Bagi Organ Ginjal
Obat Pembersih Rahim
Obat Polip Rahim

Unknown mengatakan...

Obat Luka Bakar Knalpot Agar Cepat Kering
Cara Menghilangkan Bekas Luka Knalpot Secara Alami

Unknown mengatakan...

Cara Alami Mengobati Miom
Bagi Anda yang sedang mencari cara alami mengobati miom, kami memiliki solusi tepat dan aman yang membantu Anda dalam mengatasi penyakit miom tanpa harus khawatir akan adanya efek samping.

mawar mengatakan...

thak Obat Herbal Asam Urat

Unknown mengatakan...

Cara Menghilangkan Gatal

Unknown mengatakan...

Thanks Me Home Manfaat Rebung Bambu Kuning Untuk Batu Ginjal
Olahraga Untuk Menyembuhkan Varikokel
Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan

Unknown mengatakan...

Obat Kelenjar Tiroid

Unknown mengatakan...

Manfaat Tepung Sagu Untuk Penderita Maag
Cara Mengobati Mata Kabur Sebelah Kanan

Unknown mengatakan...

Khasiat Kulit Manggis Untuk Penderita Gagal Ginjal
Manfaat Kurma Untuk Penderita Sakit Maag

Nasi Kotak Semarang mengatakan...

bermanfaat sekali ,,,,bisa dijadikan acuan nanti :)

ujangaritea mengatakan...

Walatra Berry Jus

ujangaritea mengatakan...

Manfaat Petai Untuk Kesehatan
Efek Samping Jengkol

ujangaritea mengatakan...

Efek Samping Daun Pepaya
Manfaat Jahe Untuk Penderita Diabetes

ujangaritea mengatakan...

Cara Membuat Minuman Jahe Untuk Penderita TBC
Buah Buahan Sehat Untuk Penderita Sakit Pinggang

Unknown mengatakan...

Cara Menyembuhkan Presbiopi Secara Alami

Unknown mengatakan...

Penyebab Ginjal Kering dan Cara Mengatasinya

Unknown mengatakan...

Do not give up! Everything will definitely get better :)

Cara Mengobati Radang Telinga
Obat Sinusitis

Unknown mengatakan...

this article is so interesting and makes its readers want to read again, we are waiting for the next update
http://obatmatamerahalami.shorturlgoogle.com/efek-samping-dan-bahaya-lensa-kontak-pada-mata/

http://obatmataberairalami.shorturlgoogle.com/bahaya-mata-berair/

http://obatmataminusalami.shorturlgoogle.com/obat-hipertensi-alami/

http://obatherbalkankerhati.jellygamatluxor.biz/jenis-jenis-kanker-hati/

http://obatdiabetesalami.gseajellygamat.com/cara-cepat-menurunkan-kadar-gula-dalam-darah/

http://obatinfeksisalurankencing.gseajellygamat.com/manfaat-daun-antanan-untuk-infeksi-saluran-kencing/

http://obatmatakatarakalami.com/cara-cepat-mengatasi-pandangan-kabur/

http://obatkankerususalami.my.id/tanaman-obat-untuk-penderita-kanker-usus/



==========================================================================
this article is so interesting and makes its readers want to read again, we are waiting for the next update
Efek Samping Dan Bahaya Lensa Kontak Pada Mata
Bahaya Mata Berair
Obat Hiperetensi Alami
Jenis Jenis Kanker Hati

Unknown mengatakan...

jazakallah khir for the article, subhanallah .. the analogy is simple but deep meaning. something we know but we never realized, Thank you very useful information
Cara Alami Menyembuhkan Gondok Beracun Tanpa Operasi

cara mengobati radang paru paru pad anak
Cara Mengobati Kaki Bengkak Akibat Rematik

Anonim mengatakan...

Your comment is very unusual and interesting again, thank you, thank you
Obat Radang Paru-Paru Efektif
Olahraga Yang Baik Penderita Penyakit Radang Paru Paru
Ramuan Untuk Penderita Ginjal Bengkak
Olahraga Yang Baik Untuk Penderita Penyakit Ginjal Bengkak

Obat Kanker Prostat Alami mengatakan...

A site that always presents the latest information.
Obat Penyakit Abses Alami
Obat Alami Untuk Ulkus Duodenum
Obat Gagal Ginjal Kronis Alami
Obat Alami Nyeri Payudara
Obat Leukimia Alami

Obat Alternatif Kolesterol Tinggi Terbaik 100% Alami Manjur mengatakan...

The blog structure is very good, I am really inspired by your writing work. Thank you very much for the information.

Obat Herbal Kanker Kulit Paling Ampuh
Obat Herbal Kanker Paru-Paru Terbaik Paling Ampuh
Obat Herbal Kanker Lambung Paling Ampuh
Obat Maag Kronis Alami Yang Ampuh

Gejala Kanker Hati Stadium Awal Yang Mudah Dikenali mengatakan...

Thank you for the very useful information. Waiting for further information, Success continues for the future, have a nice day

Obat Herbal Kanker Mata Paling Ampuh Tanpa Operasi
Obat Herbal Kanker Payudara Paling Ampuh Tanpa Operasi
Obat Herbal Kanker Otak Paling Ampuh Tanpa Operasi
Obat Herbal Kanker Tiroid 100% Alami Paling Ampuh

Obat Herbal Kanker Esofagus 100% Alami Tanpa Operasi mengatakan...

Thank you for the information, hopefully useful. Always successful. Wait for further information

Obat Herbal Kanker Darah 100% Alami Paling Ampuh
Obat Herbal Kanker Rahim Paling Ampuh 100% Alami Tanpa Operasi
Obat Herbal Kanker Leher Rahim Paling Ampuh Tanpa Operasi
Pengobatan Kanker Usus Besar Secara Alami Tanpa Operasi

Cara Mengobati Kanker Prostat Secara Alami mengatakan...

Thank you for posting this useful information. This is what I'm looking for. I will return to this blog for sure!

Obat Herbal Kanker Ginjal Terbaik 100% Ampuh Tanpa Operasi
Obat Herbal Kanker Kelenjar Getah Bening Paling Ampuh
Obat Herbal Kanker Usus Besar 100% Ampuh Tanpa Operasi
Obat Herbal Kanker Hati Paling Ampuh Tanpa Operasi

Cara Merapatkan Otot-Otot Vagina Yang Kendur Secara Alami mengatakan...

Very interesting and very useful article, success continues for the future, and thank you for the information

Cara Meremajakan Vagina Secara Alami Tanpa Efek Samping
Obat Alami Klamidia Paling Ampuh
Obat Herbal Kanker Laring Paling Ampuh 100% Tanpa Operasi
Obat Herbal Kanker Kolorektal Paling Ampuh

Cara Merapatkan Miss V Yang Longgar Secara Alami mengatakan...

I thank you for your site which is very helpful.

Cara Biar Gak Sakit Saat Berhubungan Intim
Cara Mengatasi Miss V Kering Dan Gatal Secara Alami Tanpa Efek Samping
Cara Mengencangkan Bibir Miss V Yang Berkerut
Cara Menghilangkan Gatal-Gatal Pada Kemaluan Wanita Secara Alami

walatraherbal07 mengatakan...

Hopefully you can present interesting information again.
Obat Cedera Kepala Alami
Obat Alami Gatal Pada Anus
Obat Jantung Lemah Alami
Obat Untuk Hepatitis B Kronis
Obat Liver Alami

Unknown mengatakan...

Please stay us up to date like this. Thank you for sharing.
Apakah Penderita Kista Bisa Hamil
Manfaan Buah Naga Untuk Mengatasi Asam Urat
Efek Samping Donor Ginjal
Cara Alami Mengobati Osteoarthritis
Manfaat Daun Sirsak Untuk Ginjal Bocor

walatragsea4 mengatakan...


jazakallah khir for the article, subhanallah .. the analogy is simple but deep meaning. something we know but we never realized, Thank you very useful information
Cara Mengobati Kaki Bengkak Akibat Rematik
Cara Mengobati wasir Internal Secara Alami
Cara Mengatasi Penyakit Hipertiroid Secara Cepat
Cara Mengobati Batuk Berdarah Akibat Radang Paru Paru
Cara Alami Mengobati Stroke Sebelah Kanan
Cara Mengobati Gondok Pada Anak

Pengobatan Nyeri Sendi Pada Anak mengatakan...

treatment of joint pain in children

Unknown mengatakan...

thanks for the information. I really like it and I'm waiting for his latest article
Obat Kanker Paru Paru Alami Tanpa Operasi 100% Manjur
Gejala Kanker Paru Paru Yang Harus Diwaspadai
Penyebab Terjadinya Kanker Paru-Paru
Makanan Baik Untuk Penderita Kanker Paru Paru

Tiara Prasetya mengatakan...

information related to how to reduce high blood pressure with herbal ingredients

Obat Herbal Tekanan Darah Tinggi
Makanan Pantangan Untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi
Bahaya Darah Tinggi Di Usia Muda
8 Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi
Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Semasa Mengandung
Sayuran Yang Dilarang Untuk Penderita Darah Tinggi
Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Di Usia Muda
Cara Alami Penurun Darah Tinggi
Makanan Sehat Bagi Penderita Darah Tinggi

Unknown mengatakan...

Obat Herbal Nyeri Sendi Jari Tangan
Daun Sirih Obat Hernia
Cara Mengobati Kejang Paling Ampuh
Cara Mengobati Penyakit Asma Turunan
Buah-Buahan Yang Kaya Akan Antioksidan
Apakah Merokok Menyebabkan Kanker Mulut ?
Apakah Penyakit Laringitis Kronis Bisa Disembuhkan ?

walatraherbal07 mengatakan...

We will wait for other interesting information.
Obat Herbal Flek Paru-Paru
Makanan Untuk Penderita Fatty Liver
Obat Tradisional Kanker Usus

Zenal Abidin mengatakan...

we here want to provide information in the form of health articles. hopefully it is useful for you all

Sakit Perut Bagian Bawah Tengah
Pengobatan Balanitis Dengan Bahan Alami
Obat Klep Jantung Yang Bermasalah Atau Rusak

Cara Menghilangkan Keputihan mengatakan...

Thank you very much for sharing useful information, we hope you are consistent in providing quality information

Cara Mengatasi Kebas Pada Paha
Obat Usus Buntu Paling Ampuh
Obat Tradisional Sakit Lengan Kanan Atas
Daun Sirsak Untuk Kusta
Cara Mengatasi Meralgia Paresthetica

Unknown mengatakan...

we hope the information presented is useful for all

Makanan Sehat Untuk Penderita Jantung Koroner
Cara Mengobati Diabetes Kering

Eros Rosita mengatakan...

Health is expensive, so prioritize your health before getting sick.
Penyebab Nyeri Perut Saat Menstruasi

Eros Rosita mengatakan...

I get your page from my article friends, hopefully it can work together.

Cemilan Sehat Untuk Penderita Tumor Rahim
Makanan Yang Dilarang Bagi Penderita Tumor Otak

Rositaaa mengatakan...

I like your article

Ciri Ciri Tumor Rahim
Bahaya Tumor Hidung

Rositaaa mengatakan...

do you like fishing? let's see our website.

Essen Ikan Mas Babon Galatama

 

CARA MUDAH | BELAJAR MENULIS BLOG | BELAJAR BIKIN BLOG | BELAJAR BISNIS ONLINE Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates